Kegiatan dan Prestasi

Kegiatan Fisabilillah dan Dakwah

Selain meningkatkan jumlah jam belajar, Arabic day dan English day (seharian full praktik berbicara bahasa Arab & Inggris) menjadi 4 (empat) hari dalam seminggu, speaking English dan Arabic masing-masing 2 hari dalam seminggu.

Dalam rangka meningkatkan amalan dan peningkatan ilmu dan ketaqwaan sesuai perintah Allah SWT dan sunnah Rasulullah SAW, maka tanggal 4 Sya’ban 1433 H/ 24 Juni 2012 KH. Rd. Nanang Maulana Ishaq, MA selaku Pimpinan Umum Pesantren MUB melepas 9 orang Ustadz dan 46 orang Santri Madinatul Ulum Bandung yang berangkat melakukan perjalanan selama 20 – 40 hari ke India (2 orang ustadz), Thailand (2 orang ustadz dan 6 orang santri), dan selebihnya ke beberapa daerah di Indonesia dalam rangka fisabilillah dan belajar dakwah serta meningkatkan amalan dan ketaqwaan. Hal ini merupakan kegiatatan tahunan Pesantren MUB.

Disamping hal tersebut, pada tanggal 1 Sya’ban 1433 H/ 21 Juni 2012 telah berangkat seorang Assistant Ustadz yaitu Sdr. Ashrof  mendapat program beasiswa belajar di luar negeri ke Pakistan untuk memperdalam ilmu agama Islam.

Tiada sesuatu terjadi tanpa kehendak Allah SWT dan Dia-lah yang mengatur serta memberikan rahmat dan berkah atas semua prestasi di Pesantren Madinatul ‘Ulum Bandung. Segala Puji dan rasa syukur hanya kepada Allah SWT saja dan sholawat dan salam kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Catatan Prestasi Pondok Pesantren Madinatul Ulum Bandung (MUB) – Pesantren Hafidz Al-Qur’an, Hadits, Alim, dan Bahasa

             Dalam usianya yang relatif muda, Alhamdulillah – sudah dapat mencetak santri-santri Hafidz Al-Qur;an 30 Juz dan ‘Alim .

Tercatat 43 orang Hafidz ( mampu menghafal Al Qur’an 30 Juz ) diantaranya  adalah :

1.    Harun Ar-Rasyid 19. Fauzan Abu Mujahid
2.    Qomarudin Abdulwahhab 20. Imam Syafe’I
3.    Hammad 21. Muhammad Rizki
4.    Fadhel Ni’le Thu’ni’ma 22. Lutfi Jamil
5.    Ramadhan 23. Muhammad Ihsan
6.    Muhammad Hilal 24. Bilal
7.    Burhanuddin 25. Ihdil Baqi Sulaiman
8.    Ridlo ul Karim 26. Anas
9.    Muhammad Husein 27. Umair
10. Ahmad Taufiq 28. Ahsanta
11. Muhammad Tezar 29. Muhajirin
12. Abu Bakar13. Mahfud

14. Ridwan

15. Ahmad Fajar Saeful Bahri

16. Hasan Aiman

17. Hari Romadhon18. Sulaiman

 

30. Ashabul Yamin31. Moch. Masykur

32. Ahmad Syeh

33. Mua’fi

34. Giyas

35. Mansur

dan 8 orang santri yang tidak disebutkan namanya

Pesantren MUB mengirimkan 2 ustaz ke Jjepang dalam waktu yang berbeda untuk menjadi imam dan pengajar agama di sana selama 4 bulan.

Santri ‘alim yakni sdr. Hidayatul Mushlihin  dikirimke India / Bangladesh selama 7 bulan untuk memperdalam keilmuan dan memperluas pengalaman  dakwah. Kemudian sdr. Miftah ‘Abdurrazaq  dan Sdri. Mulyaningsih dikirimke Madinah, Saudi Arabia  masing-masing pada akhir bulan ramadhan 1428 H dan Zulhijjah 1431 H. untuk melanjutkan pendidikan agama.

Qomaruddin Abdulwahhab dan  Muhammad Hilal mendapat beasiswa ke Yaman tahun 1429 H, Harits dan Muhammad Amin melanjutkan pendidikan ke Arab Saudi, kemudian lima orang santri mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya ke Turki pada tahun 1430 H/2009 yaitu : Harun Arrosyid, Muhammad Ihsan, Fauzan Abu Mujahid, Firman, dan Muhammad Afif. Dan pada tahun 1431 H/2010 empat orang santri sedang dalam pendidikan untuk berangkat ke Turki Yaitu : Rifa’i, Iqbal, Firdaus, dan B. Anwar.

Kemudian Muhammad Daud Jamil belajar Khidmat  di Maladewa, kemudian Jumadil awal 1432 H  Sdr. Wayuddin ke Yohanesberg South Afrika

Pada bulan Juni tahun 2011  4 0rang santri lagi dinyatakan lulus seleksi oleh Kementrian Agama RI untuk program Beasiswa ke Turki yaitu:Ahmad Fajar Saeful Bahri, Agus Sirojudin, Syukur,dan Ihdil Baqi Sulaiman

Dalam bulan Romadhon 1430 telah mengirimkan  Muhammad Mukhlish dan Umair untuk menjadi imam tarawih 30 Juz di Negara Brunei.

Setiap tahun di pertengahan Sya’ban sampai akhir Romadhon memberangkatkan santri-santri baik ‘alim maupun tahfidz untuk dakwah islamiyah selama 20 hari bagi santri tahfidz dan 40 hari bagi santri ‘alim ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa, Bali, Padang, Lampung, Bangka Belitung, Banjarmasin dan daerah lainnya dan ke luar negeri.

Jumlah santri terus bertambah, tercatat sampai saat ini lebih dari 280 orang, sekitar 29 orang lebih diantaranya sambil bersekolah umum di Sekolah Dasar (SD), di Sekolah Menengah Pertama ( SMP ), dan di Sekolah Menengah Umum  ( SMA / STM ), sedangkan  sisanya mengikuti pendidikan Wajar Dikdas dan Paket C dari Diknas Kota Bandung dan full day belajar di dalam Pesantren.

Mengingat setiap tahun jumlah santri terus bertambah, maka sarana fasilitas pun perlu  dikembangkan. Salah satunya adalah “membangun sarana fisik PP-MUB di tanah seluas 7.990 m2 yang berlokasi di Pasir impun Desa Cikadut Kec Cimenyan Kab.Bandung sebagai prioritas utama saat ini sedang dalam tahap pembangunan, insya Allah.”

Kami mengundang kaum muslimin untuk turut bergabung membantu pembangunan pesantren dengan cara menyisihkan sebagian zakat infaq shodaqohnya ke pesantren MUB.

Dari empat Pesantren MUB yang ada saat ini. salah satunya adalah Pesantren khusus Anak Yatim.

Jumlah santri yatim awal Juli 2011 mengangalami kenaikan menjadi 24 orang

Pengajian Umum :

Pengajian untuk masyarakat diadakan tiap hari ahad jam 07:00 – selesai di Dago Asri V No.7 Bandung.

Sekilas tentang Pesantren Yatim- Klik disini

PONDOK PESANTREN MADINATUL ULUM BANDUNG

KH. Rd. Nanang Maulana Ishaq, MA

  1. mudah2an MUB exist didunia amin,,,,sebarkan agama,jadikan bandung lautan huffazh

  2. berkah untuk semua umat ,,,
    AMIN YA ALLOH YA ROBAL ALAMIN

  3. semoga santri M.U.B semuanya bisa jadi hafidz qur’an & alim ulama yang sukses.,amiint

  4. inilah salah satu pesantren ideal

  5. Assalamu’alaikum..
    Saya mau bertanya, apakah dipesantren MUB ini da Pendidikan/sekolah umum’y ataukah hany khusus tahfidz,kemudian sekolah umum’y diluar pesantren?

  6. Muslimah Shidqiyah

    Bismillah,,assalamu ‘alaykum…. afwan sbelumnya,, ponpes ini meruju’ ke manhaj apa?? Salafi??

  7. Aaammiiiin ya allah mudah”an pesantren kita MUB bisa mencetak berbagai hufadz & ‘ulama yg dirodloi allah swt.dan semakin berkah dalam ‘ilmu yg mereka sampeikan dan pelajari….
    Truz menjadikan santri santri yang berakhlak mulia sebagaimana akhlak rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan terus mendakwahkan dan mengamalkan agama allah subahanahu wa ta’ala yang telah mereka pelajari semoga komentar ini menjadi motivasi bagi santri maupun pembacanya,:,,, ajib

  8. assalamualaikum, afwan, kitab2 apa saja yang dipelajari selain al-Qur’an.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: