Pendaftaran Santri Baru

Pesantren Tahfiz Al-Qur’an, Ta’lim Al-Quran, Darul Hadits dan Bahasa

معهد الدعوة  والتربيّة الإسلاميّة ” مدينة العلوم ” باندونج

PONDOK PESANTREN MADIINATUL ULUM BANDUNG (PP-MUB)

No. Stastistik Depag RI : 51.2.32.73.06.113

Pengesahan MenKum & HAM RI No. AHU-2369.AH.01.04

 

1, Pesantren Pertama : Bandung Dago Untuk Putra :

     Jl. Dago Asri V  No.7  Dago Bandung, Phone :  (022) 2530803, 087722270999, 0817211655

     Rekg. Bank Syariah Mandiri Bandung SH  No. 709 111 9999

2.  Pesantren Kedua : Bandung Pasir Impun untuk Putri :

       Cibentar RT 02 /09,  Cikadut Kec. Cimenyan, Bandung, Phone: (022) 6160 7999, (022)7000 1325, 0878  21563039,

        0817211655

       Rekg. Bank Syariah Mandiri Bandung SH No. 70 90 900 999

3. Pesantren Ketiga Bandung Margahayu untuk Anak Yatim/Piatu  Putra

     Jl  Saturnus Barat IX no 4 Rt 5 rw 16 Kel Manjahlega Margahayu Raya Kota Bandung,

      Phone 022-7125 1464, HP 0878 2151 9882, 0817211655

     Rekg. Bank Syariah Mandiri Bandung SH No. 70 900 66 999

4. Pesantren ke-empat Bandung Ciwidey untuk Putra  :

    Cungkang, Genteng, Pasir Jambu –  Ciwidey Kab. Bandung Phone (022) 6153 7999, HP 087823077265, 0817211655

 Program Pendidikan Pesantren :

Tahfidz Al-Qur’an 30 Juz

v  Tarbiyah Islamiyah

v Ma’had Aly

Program Tambahan :

v Da’wah ‘Ala Minhaajin Nubuwwah

v Wajar Dikdas (SD, SMP) dan Paket C (SMA)- Bersertifikat Diknas

v Lifeskill

v Kaligrafi

v Pencak Silat/ Bela diri

v Komputer

v Bahasa Inggris dan Bahasa Arab

v  Pertanian  (khusus di Ciwidey)

MUQODDIMAH

Imam Syafi’i  berkata :

 “ Barang siapa yang tidak pernah merasakan kepahitan belaajar walau hanya sesaat maka dia akan merasakan pahitnya kebodohan seumur hidupnya.”

 “ Demi Alloh kehidupan seorang pemuda hanya dengan ilmu dan taqwa, ketika keduanya tidak ada maka kehidupannya tidak berarti.”

  Didasari akan kecintaan terhadap ilmu agama serta kerisauan akan pentingnya keberadaan para ‘Alim ‘Ulama dan para Huffadz Al-qur’an  di tengah-tengah masyarakat umum, maka keberadaan pesantren salaf yang khusus menghafal Alqur’an dan mempelajari kitab-kitab para ulama salaf  as-sholihin sangat berperan sekali dalam mencetak kader-kader ulama’ dan para huffadz yang berkualitas.

Oleh karena itu Pondok Pesantren “MADINATU ‘ULUM BANDUNG“ menerima pendaftaran santri dan santriwati baru dengan program sebagai berikut :

Program Tahfidz (TQ) :

  • Tahsin Alqur’an.
  • Menghafal Alqur’an 30 juz  dalam 2,5 – 3  tahun, Insya Allah
  • Pengajaran kitab salaf (Aqidah, fiqh, adab, siroh, nahu,shorof, tafsir, hadits)
  • Bahasa Arab dan bahasa Inggris

Program Tarbiyah Islamiyah (TI) :

  • Nahwu & Shorof (gramatika Arab).
  • Belajar Alqur’an dan hafalan Al Qur’an
  • Tafsir Alqur’an.
  • Hadist & Ushul Hadits.
  • Fiqh,  Kaidah Fiqih & Ushuln Fiqih.
  • Tauhid ( Ahlussunnah Waljama’ah ).
  • Tarikh
  • Falaq
  • Mantiq
  • Adab & Akhlaq.
  • Bahasa Arab dan Inggris

Program Ma’had Aly  (MA) :

  • Hadits (Misykat Mashobih, Bukhori, Muslim, Tirmizi, Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah dan Muwattho Malik)
  • Ilmu hadits ( Ushul hadits, Tadrib Rawi li Suyuthi, Thobaqoh Huffaz li Suyuthi)
  • Fiqh
  • Tafsir dan Ushul tafsir

 Progam tambahan / ekskul :

  • Da’wah ‘ala Manhajin Nubuwwah.
  • Wajib Belajar dan Paket C dari Diknas  –  Bersertifikat.
  • Bahasa  Arab.
  • Bahasa Inggris
  • Kaligrafi
  • Komputer
  • Pertanian ( Ciwidey).
  • Pencak Silat/ Bela diri
  • Tahsinul Khot ( Kaligrafi arab ).

Selain itu Pesantren juga menerima santri yang sambil sekolah & kuliah (santri pelajar) baik yang mukim maupun non mukim di Pesantren untuk tahsin baca Alqur’an, mengahafal Al-qur’an, dan mempelajari fiqh (Ubudiah, Muamalah, Mu’asyaroh dan Akhlaq) serta pembelajaran da’wah ‘ala minhajin nubuwwah.

PENDAFTARAN :

 WAKTU

Setiap hari Jam 7.00 s/d 17.00 Wib

PERSYARATAN

v  Usia minimal 12 Tahun atau lulus SD .

v  Bisa mengurus diri sendiri.

v  Membawa pas foto 4x 6  3 lembar.

v  Membawa ijazah terakhir

v  Kartu Keluarga

v Akte Kelahiran

v Kartu keterangan sehat dari dokter

ADMINISTRASI, INFAQ BULANAN DAN INFAQ PENGEMBANGAN PESANTREN

v  Infaq Pengembangan Pesantren dan Pendidikan ( IP3 ) hanya 1 kali saat Pendaftaran Rp. 3.500’000,-

v  Infaq Bulanan untuk biaya asrama, pendidikan, makan & minum, air,  listrik dan pengasuhan   Rp. 690.000,-/ bulan

v  Untuk dhuafa atau yatim digratiskan.

TEMPAT

v  Alamat tersebut di atas

  1. syukron buat para hamba allah yang ikut andil dalam perkembangan pesantren,,,mudah2an antum semua diberkahi allah dan panjang umur berkah rezeki.amiiiin

  2. assalamualaikum
    maulana ini hasil musyawarah kami
    yg 1,alhamdulilah prestasi kkami disini nilai y baik smwa maulana
    2, insya allah kenalan ama orang turkı jga banyak
    3,alhmdulilah markaz dawah juga sudah dpat alamat y
    4,kalo ga salah mah maulana kami selepas pulang dari turki biasa y dsuruh ngabdi dulu,tapi tergantung musyawarah abi abi yg d jkt y
    5,kami juga ingin membantu ponpes mub insya allah memperbaiki kekurangan ponpes mub
    kami juga siap klo misal y dsuruh ngabdi jga
    mungkin itu sja laporan y maulana

  3. Ini tuh plussekolah?

  4. assalamualiakum…. untuk pendaftaran tahun 2014 kapan ya?

  5. Assalamu’alaikum
    untuk yg udah tamat sekolahnya, mau melanjuti ke tahap hapalan Al-Quran bisa g’ ?

  6. assalamualaikum, persyaratan untuk siswa pindahan dari luar negri apa aja ?, kami hanya ingin program tahfiznya saja tanpa diknas bisa ga n berapa biayannya?, untuk ramadhan tahun depan apa ada program pesantren kilatnya , kalo ada berapa biayanya n syarat pendaftarannya apa saja?,

    • ‘Alaykumsalam,
      Persyaratan dan biaya sama dengan santri umum lainnya yg bisa anda lihat di halaman ‘Pendaftaran Santri Baru’ dengan browse menu di halaman ini.
      Bulan ramadhan Pesantren belajar s/d 15 ramadhan. Periode ini anda bisa ikut belajar. Setelah tanggal tersebut liburan.
      Syukron.

  7. Assalamualaikum..

    Klo ngambil program tahfidz saja apakah biayanya sama?

  8. tdk apa2 ngambil jurusan tahfizh saja?

  9. Assalamualaikum
    kalau biaya per bulan berapa

  10. assalamu’alaikum,
    Afwan mau tanya, ada program pesantren ramadhan gak utk siswa umum tingkat SD dr luar, ya kira-kira waktunya 3 minggu, khusus untuk program tahfidz dan tahsin, kebetulan untuk ramadhan ini kan sekolah umum libur, jd saya berniat untuk memasukkan anak saya ke pesantren, dan kebetulan anak saya saat ini sdh menguasai hafalan 1,5 juz, (30-29)….mohon infonya

  11. Assalamualaikum wbth..
    Saya dari Malaysia. Anak saya umurnya 14 tahun bisa belajar di sini?

  12. Pak gimana kalo misalkan saya sudah lulus SMA saya pengen mondok di MUB khusus anak yatim itu boleh gak kira kira ?

  13. Assalamualaikum. Kalau pindahan bisa ustadz? Misal kelas 2 sma.. mau lanjut di mub. Syukron

  14. Assalamu’alaykum, kalau umur 18 tahun dan mau sekolah tahfidz disini bisa?

  15. masih bisa mendaftar ga ya? soalnya adik saya tertarik masuk ma’had tahfidz qur’an.. jzk khairan.

  16. Assalamu’alaikum
    disini apa menerima santri tingkat sma ?

  17. umur 14 tahun bisa ngga ya

  18. Assalamu’alaikum..

    Kalau ikut paket B ada biaya tambahan ga..ustz

  19. Mas kalo skrg pembukaan yg buat santri baru untuk tahfidz.masih ada ga kuota nya ?
    Sukron

  20. assalamualaikum , kalo belajar nya setahun aja bisa ga ya ?

  21. daftarnya harus ke tempat langsung atau bisa di web ini?

    • Assalamu’alaikum.
      Daftar langsung ke pesantren, apabila dari luar kota bisa via email. Test bacaan al qur’an dapat dilaksanakan langsung saat calon santri ke pesantrrn. Untuk mendapatkan kepastian mendapatkan tempat harus menunjukkan bukti bayar atau bukti transfer untuk infaq pengembangan pesantren (sekali saja) Rp 3.500.000 + biaya bulanan untuk bulan pertama Rp 690.000.
      Syukron.

  22. bismilah..
    assalamualaikum,
    kalau pendaftaran untk tahfidz msh d buka ga ?

  23. Bismillah, masih bisa terima santri baru utk tahfidz quran gak ustadz? Afwan dari abu ahmad makassar-sulawesi selatan

  24. Untuk yg tahfd quran masih dibuka ? Syukron.

  25. assalammuailaikum,orang malaysia bole masuk ke?

  26. Assalamualaikum
    Mau tanya Afwan,biaya 650 sudah termasuk untuk sekolah wajar diknas? Anak saya insha allah akan mesantren disana,,sekarang kelas satu Mtsn

  27. Assalamualaikum,
    Apakah Kelas Tahfiz Al-Quran gelombang keduanya sudah dibuka? Apakah bisa jika hanya mengikuti kelas tersebut selama 1 tahun saja?

  28. apakah masih bisa daftar untuk santri usia 18 tahun, lulus SMA.

  29. apakah remaja putri usia 23 tahun lulusan SMP bisa masuk ke ponpes ini??

  30. ‘Alaykumsalam,
    Program Ma’had Aly full ilmu agama.
    Syukron

  31. Kalo ga masuk mahad ali gmana ? Cuman mau daftar tahfidnya aja tanpa ada bimbingan pendalaman agama dan eskul lainnya. Kelas khusus itu juga bagaimana ya ? Syukron.

  32. Assalamu’alaikum,
    Silahkan mendaftar, kelas Tahfidz Al Qur’an gelombang Kedua mulai dibuka bln Syawwal/Agustus 2014 sampai dengan kuota terpenuhi.
    Syukron

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: